Sabtu, 24 Desember 2011

Sumedang Tawarkan Investasi Rp 3,5 T

JATINANGOR,Pemkab Sumedang tengah berusaha menaikkan kinerja perekonomian dengan mempertemukan pemerintah dan investor. Mengingat tingkat kinerja perekonomian Kab. Sumedang tahun 2011 hingga triwulan 3 mengalami penurunan sebesar 4,2 persen. Kinerja itu melambat dari tahun sebelumnya yang mencapai 4,71 persen, sedangkan nilai yang ditawarkan mencapai Rp 3,5 triliun.

Demikian pidato Bupati Sumedang Don Murdono yang dibacakan Wakil Bupati Sumedang, Taufik Gamawansyah di hadapan investor pada kegiatan temu bisnis investasi yang diselenggarakan Badan Penanaman Modal dan pelayanan Perizinan (BPMPP) Kab. Sumedang di Hotel Puri Khatulistiwa, Jatinangor, Rabu malam (21/12).

Menurut Don, Pemkab Sumedang sedang dalam usaha menaikkan kembali kinerja perekonomian dengan cara mempertemukan pemerintah dan investor. "Peluang investasi yang ditawarkan meliputi jasa, properti, wisata, air, pasar hingga energi panas bumi. Ada 13 peluang investasi yang ditawarkan. Nilainya mencapai Rp 3,5 triliun," ujarnya.

Menurut Bupati, guna mempermudah investasi, pihaknya menawarkan insentif berupa pengurangan, keringanan atau pembebasan pajak daerah, pengurangan atau pembebasan retribusi daerah, pemberian dana stimulan, belanja pemerintah, subsidi bunga, pemberian bantuan modal serta pemberian penghargaan kepada masyarakat atau swasta.

Menyinggung bentuk kemudahan yang diberikan, Pemda Sumedang akan menyediakan sarana prasarana berupa lahan dan lokasi, fasilitasi bantuan teknis hingga percepatan pemberian izin dan nonperizinan.

"Dari semua yang ditawarkan itu, Pemkab Sumedang berharap besarnya penyerapan tenaga kerja di wilayah Kab Sumedang, menambah potensi daerah hingga alih teknologi," katanya.

Di sisi lain, lanjut Bupati, pertumbuhan ekonomi Sumedang akan meningkat dan masyarakat tentunya akan diuntungkan. Maka pihak pemda memberikan komitmen untuk menjamin investor dalam bentuk kemudahan perizinan dan dukungan infrastruktur," katanya.

Sementara Kepala BPMPP Kab Sumedang, Ir. Yosep Suhayat mengatakan, temu bisnis investasi ini diharapkan membuat laju pertumbuhan ekonomi Kab. Sumedang meningkat mendekati angka 7-8 persen.

0 komentar:

Poskan Komentar