Selasa, 06 Desember 2011

Masyarakat Kerja Bakti Membangun Tanggul
Desa Cikeruh merupakan desa yang berada di Kawasan Perkotaan Jatinangor, dan juga merupakan desa yang rawan terhadap bencana banjir, dan untuk meminimalisir bencana desa Cikeruh melakukan pembangunan tanggul disepanjang bantaran sungai Cikeruh. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk meminimalisir resiko terdampak bencana banjir terhadap pemukiman warga yang berada dibantaran sungai Cikeruh yang terletak di Dusun III Cikeruh Desa Cikeruh. Kegiatan gotong royong yang dimulai sejak tanggal 05 Desember 2011 ini dibiayai dari bantuan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kab. Sumedang yang bersumber dari APBD Kab. Sumedang tahun 2011 untuk penanggulangan Bencana Banjir di Desa Cikeruh.
Kegiatan gotong royong padat karya ini diperkirakan akan memakan biaya sebesar Rp. 40.000.000,-, dimana masyarakat yang membantu kegiatan ini akan dibayar sebesar Rp. 35.000,- perhari, jadi kegiatan yang dipandang positif ini selain dapat meminimalisir resiko terdampak banjir, masyarakat juga setidaknya dapat terbantu pendapatan sehari-harinya karena upah akan dibayarkan setiap minggunya, dan kegiatan ini rencananya akan dilakukan selama 40 hari. Yang bertanggung jawab dalam kegiatan ini adalah Bpk. Asep Deni G, S.Sos selaku Kaur. Ekbang Desa Cikeruh dan pengawas lapangan kegiatan ini adalah Bp. Asep Somantri Selaku anggota BPD Desa Cikeruh, perlu diketahui bahwa dalam dua hari ini baru 30 M2 (meter persegi) yang tercover, berarti bahwa dalam 1 Hari masyarakat bisa membuat tanggung sepanjang 15 M dengan ketinggian 1.5 M. Dan mudah-mudahan hingga akhir kegiatan bahwa yang dapat dibuat tanggul bisa memenuhi target sepanjang 500 M2 (meter persegi).
Bantara Sungai yang telah dipasang tanggul penahan air
Selain bantuan yang diperoleh dari Pemkab Sumedang, tak luput dari kegiatan ini adalah adanya partisipasi warga masyarakat Desa Cikeruh  yang memberikan swadaya yaitu dari Sdr. Bpk. H. Dadang Pujiana, yang memberikan bantuan berupa karung bekas pakan sapi perah beliau sebanyak 1000 buah, dimana kalau dirupiahkan dengan asumsi harga 1 karung adalah Rp. 1000 jd beliau telah menyumbang sebesar Rp. 1 Juta, dan juga dari masyarakat lainnya yang berapartisipasi pada kegiatan ini juga ikut membantu memberi bantuan logistik berupa makanan ataupun minuman mengingat kegiatan ini bukan untuk kepentingan pemerintah desa atau pun individu masyarakat tetapi demi kepentingan masyarakat Desa Cikeruh itu sendiri. 
Bpk Rachmat (Kepala Desa Cikeruh) Sedang meninjau Lokasi  

Dan mudah-mudahan kedepan kami berharap bahwa pemerintah bisa memberikan bantuan yang lebih real, dimana pembangunan tersebut sifatnya permanen yaitu dibangunnya kirmir disepanjang aliran sungai Cikeruh untuk menanggulangi Bencana banjir yang selalu datang tiap tahun di Desa Cikeruh, karena kalau tanggul yang dibuat sekaran ini sifatnya temporal atau hanya sementara dan tidak bisa menanggulangi bencana banjir tersebut.(Asep Deni, Kontributor Desa Merdeka.com Id Jabar 1.004)






0 komentar:

Poskan Komentar