Jumat, 30 Desember 2011



SUMEDANG,Pemerintah Kabupaten Sumedang menjajaki kerja sama lintas wilayah, khususnya yang berbatasan dengan Kabupaten Sumedang. Kerja sama lintas wilayah sangat diperlukan terutama dalam menyikapi berbagai pembangunan strategis seperti jalan Tol Cisumdawu, pembangunan Waduk Jatigede, pembangunan Aero City di Majalengka, dan pembangunan-pembangunan strategis lainnya yang ada di daerah masing-masing.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Sumedang, Dr. H. Don Murdono, S.H., M.Si., melalui Sekda Kab. Sumedang, H. Atje Arifin Abdullah, S.H., M.Si., pada saat workshop dan ekspo Perencanaan Kerja Sama Lintas Wilayah di Hotel Puri Khatulistiwa, Jatinangor, Kab. Sumedang, belum lama ini.

"Berbagai rencana pembangunan strategis yang sedang dikembangkan, tentunya perlu disikapi secara komprehensif oleh semua pihak. Mulai dari tahapan perencanaan, pembangunan, sampai pasca pembangunannya sehingga tidak menimbulkan dampak sosial dan lingkungan di masa yang akan datang," ujar Don Murdono.

Menurut Don Murdono, kerja sama lintas wilayah ini didasari Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Mengacu pada pasal 195 undang-undang tersebut, kerja sama dimaksud adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di daerahnya masing-masing didasarkan pertimbangan efisiensi, sinergi, dan saling menguntungkan.
Kerja sama lintas wilayah ini, menurut Sekretaris Daerah H. Atje Arifin Abdullah, S.H., S.I.P., M.Si., lebih dititikberatkan pada kabupaten yang berada di wilayah timur utara Provinsi Jawa Barat. Ini bukan berarti kerja sama dengan kabupaten yang berada di wilayah barat Kab. Sumedang tidak penting, tetapi kerja sama wilayah dengan kabupaten yang berbatasan dengan Sumedang di wilayah barat telah digarap Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui kawasan Bandung Metropolitan Area.

0 komentar:

Poskan Komentar