Jumat, 13 Januari 2012

Pascahaji Harus Gabung IPHI

JATINANGOR,Guna menjaga kemabruran, para jemaah haji dari berbagai daerah harus tergabung dalam satu wadah, yaitu Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI).

Demikian disampaikan Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat, Drs. H. Saeroji, M.M. pada workshop pemberdayaan pembimbing jemaah pascahaji Provinsi Jawa Barat di Hotel Puri Kathulistiwa, Jatinangor, Kab. Sumedang, Jumat (13/1).

Hadir pada kesempatan tersebut seluruh Ketua IPHI Kab./Kota se-Jawa Barat, para pejabat bidang haji Provinsi Jawa Barat serta perwakilan bank penerima setoran haji.

Menurut Saeroji, IPHI bisa meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam pembinaan serta membantu pemerintah mewujudkan kesalehan sosial.

Oleh karenanya, IPHI di berbagai daerah harus mampu memberdayakan jemaah pascahaji untuk menjaga kemabruran hajinya. "IPHI harus melakukan hal yang kreatif dan inovatif agar semua tugas dapat dilaksanakan dengan baik," katanya.

Dalam sambutannya, Saeroji juga menyatakan, setiap tahun jumlah calhaj di Jawa Barat sangat menggembirakan. Hal tersebut menunjukkan kesadaran beragama dan semangat beribadah yang tinggi.

Selain indikator kesejahteraan umat Islam yang tidak terimbas krisis ekonomi.

Saeroji juga mengingatkan kondisi tersebut seharusnya menyadarkan para jemaah untuk berupaya menjembatani kesenjangan antaran orang kaya dan orang miskin.

"Semakin meningkat kepedulian sosialnya, semakin meningkat kualitas SDM, sekaligus memperluas ukhuwah umat," katanya.

Sementara Kepala Bidang Haji, Zakat, dan Wakaf Kamenterian Agama Jawa Barat, Drs. H. Maman Sulaeman menyatakan, workshop merupakan media untuk meningkatkan wawasan dalam pembinaan pasca-ibadah haji. "Kegiatan ini juga memberdayakan IPHI sebagai pembina jemaah," katanya.

Oleh karenanya, setiap kementerian agama di kab./kota se-Jawa Barat harus memberikan data-data jemaah kepada pengurus IPHI di masing-masing daerah. "Ada baiknya seluruh kemenag mencontoh Kab. Cianjur yang seluruh jemaah hajinya secara resmi menyerahkan data kepada pengurus IPHI untuk pembinaan pasca kepulangan dari Tanah Suci," kata Maman.

Sumber: http://klik-galamedia.com

0 komentar:

Poskan Komentar