Kamis, 05 Januari 2012

LKPJ Desa Cikeruh Tahun Anggaran 2011


KATA PENGANTAR
                       
 
            Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Illahi Robbi yang telah memberikan Limpahan rahmat serta hidayah-Nya kepada kita sekalian, Atas Karunia-Nya lah kami dapat menyusun Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Desa Cikeruh akhir  tahun anggaran 2011.
Dengan disusunnya laporan ini mudah-mudahan dapat memberikan gambaran pada pihak terkait tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Cikeruh pada tahun 2011 sehingga dapat diketahui dan dimaklumi oleh semua pihak berkenaan dengan Realisasi anggaran  pendapatan dan belanja Desa Cikeruh juga pelaksanaan kegiatan-kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang pendanaannya baik yang termuat ataupun yang tidak termuat dalam APBDes.
Demikian Laporan ini kami sampaikan dengan segenap kemampuan dan keterbatasan yang ada,  mudah mudahan dapat diterima oleh semua pihak, besar harapan semoga tahun mendatang dapat lebih baik Amiiin...
Cikeruh,      Desember 2011
Kepala Desa Cikeruh




R A C H M A T
 

























DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
1
DAFTAR ISI . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 
2
BAB I
PENDAHULUAN
A.     DASAR HUKUM………………………………………….....................
B.    GAMBARAN UMUM DESA…………………………………………
  1. KONDISI GEORAFIS………………………………………........
  2. GAMBARAN UMUM………………………………………..........
  3. KONDISI EKONOMI………………………………………........




3

3

3

4

5

BAB II
RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH
A.       VISI dan MISI DESA……………………………………….................
B.        STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN …………………………….
C.        PRIORITAS DESA…………………………………………………..

7

7

8
BAB III
KEWENANGAN UMUM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA
A.       PENGELOLAAN PENDAPATAN DESA
  1. Intensifikasi dan Ektensifikasi...................................................................
  2. Target dan Realisasi Pendapatan...............................................................
  3. Permasalahan dan penyelesaian.................................................................
B.        PENGELOLAAN BELANJA DESA
  1. Kebijakan umum keuangan desa...............................................................
  2. Target dan belanja desa...............................................................................
  3. Permasalahan dan penyelesaian..................................... ...........................



8

9


11


11

12

13
BAB IV
PENYELENGGARAAN URUSAN PEMERINTAHAN DESA
URUSAN HAK ASAL USUL DESA
BIDANG PEMERINTAHAN
A.   PELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA ...................................................................................................................
B.    ORGANISASI PEMERINTAH DESA.........................................................






14

15
BAB V
PENYELENGGARAAN TUGAS PEMBANTUAN
TUGAS PEMBANTUAN YANG DITERIMA................................................

20
BAB VI
PENYELENGGARAAN URUSAN PEMERINTAH LAINYA
22
BAB VII     PENUTUP
24


                                                            



BAB I
 PENDAHULUAN
A. DASAR HUKUM
1.


2.


3.


4.




5.


6.


7.


8.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 1950 tentang Pemerintah Daerah Kabupaten Dalam Lingkungan Jawa Barat ;

Undang - undang    Nomor   32   Tahun   2004   tentang  Pemerintah Daerah ( Lembar Negara Tahun 2004 Nomor : 125, Tambahan Lembaran Nomor : 4437 ) ;

Peratuaran Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa ( Lembaran Negara Tahun 2005 Nomor : 158);

Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2002 tentang Pedoman Pengurusan Pertanggungjawaban dan Pengawasan Keuangan Daerah serta Tata Cara Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja  Daerah, Pelaksanaan Tata Usaha Keuangan Daerah dan Penyusunan Perhitungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah;

Peraturan Menteri dalam negeri nomor 37 tahun 2007 tentang tatacara Pelaporan Pertanggung Jawaban Penyelenggaraan Pemerintah Desa;

Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang Nomor 9 Tahun 2007 tentang Kedudukan Keuangan Kepala Desa dan Perangkat Desa (Lembaran Daerah Nomor 9 Seri E)

Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang nomor 10 tahun 2007 tentang Sumber Pendapatan Desa;

Peraturan Desa  Cikeruh Nomor 1 tahun 2011 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa


B. GAMBARAN UMUM DESA

1. KONDISI GEOGRAFIS
Secara Geografis Desa Cikeruh dapat digambarkan sebagai berikut :
Desa Cikeruh adalah salah satu Desa berada di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang yang terdiri dari 3 (Tiga) dusun 47 Rukun Tetangga (RT) dan 11 (Sebelas) Rukun Warga (RW) berbatasan dengan :
Sebelah Utara  : Desa   Cileles                 Kecamatan : Jatinangor
Sebelah Selatan           : Desa  Mekargalih          Kecamatan : Jatinangor
Sebelah Timur : Desa  Hegarmanah       Kecamatan : Jatinangor
Sebelah barat   : Desa   Sayang                            Kecamatan : Jatinangor
Luas wilayah 164 Ha , bentuk permukaan tanah pegunungan ketinggian tempat dari permukaan laut  700  mdl dengan curah hujan 2000 s/d 2500 mm dan suhu rata-rata harian 230C -28 0C per tahun, terdiri dari :
Tanah sawah               :    32,6  Ha
Kebun                         :    6.5    Ha
Pemukiman                 :    95     Ha
Sarana Ibadah              :           2  Ha
Sarana Olah raga         :           1  Ha
Sekolahan                    :           3  Ha
Kantor Desa                :        0,5  Ha
Pemakaman                 :        2,0  Ha

2. GAMBARAN UMUM DEMOGRAFIS

2.1. Data Penduduk

1
Jumlah Penduduk Berdasarkan Umur :
Penduduk 0-4 bulan
Penduduk 5-11 Tahun
Penduduk 12 Tahun
Penduduk 13-15 Tahun
Penduduk 16-18 Tahun
Penduduk 19-25 Tahun
Penduduk 26-35 Tahun
Penduduk 36-45 Tahun
Penduduk 45-55 Tahun
Penduduk 56-65 Tahun
Penduduk 65 keatas

307
379
1095
379
469
1012
1676
1654
806
566
200
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang

2
Jumlah Penduduk berdasarkan Jender :
a.        Jumlah Laki-laki
b.        Jumlah Perempuan
c.        Jumlah Laki-laki + Perempuan
4350
4193
8543
Orang
Orang
Orang
3.
Jumlah Kepala Keluarga :

2232
KK

2.2. Pendidikan
1.
Pendidikan Penduduk Usia 15 Tahun ke Atas
1.      Penduduk buta hurup
2.      Penduduk Tidak Tamat SD/sederajat
3.      Penduduk Tamat SD/Sederajat
4.      Penduduk Tamat SLTP/Sederajat
5.      Jml. Penduduk Tamat SLTA/sederajat
6.      Jml. Penduduk Tamat D-1
7.      Jml. Penduduk Tamat D-2
8.      Jml. Penduduk Tamat D-3
9.      Jml. Penduduk Tamat S-1
10.  Jml. Penduduk Tamat S-2
11.  Jml. Penduduk Tamat S-3
-
1452

1519

1328

2154

46

164
355
60
3
Orang
Orang

Orang

Orang

Orang

Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
2.
Wajib belajar 9 Tahun
1.      Penduduk usia 7-15 tahun masih sekolah
2.      Penduduk usia 7-15 tahun putus sekolah
2847

-
Orang

Orang

3.
Prasarana Pendidikan
1.      Jumlah  SD/MI
4
Unit


2.      PAUD
1
Unit


3.      TK/RA
8
Unit


4.      SLTP
-
Unit


5.      SLTA/ Sederajat
1
Unit
4.
Lembaga Pendidikan agama
TPA Terdaftar Depag
4
Unit


Belum terdaftar
2
Unit

2.3. Kesehatan Masyarakat
1.
Kematian bayi
1.         Jumlah bayi lahir
2.         Jumlah Bayi Mati
32
1
Orang
Orang

2.
Gizi dan Kematian
1.         Jumlah Balita
2.         Jumlah Balita Mati
3.         Jumlah Balita Gizi buruk
4.         Jumlah balita Gizi baik
682
-
2
682
Orang
Orang
Orang
Orang

3.
Cakupan Imunisasi
1.         Cakupan imunisasi Polio
2.         Cakupan imunisasi DPT-1
3.         Cakupan imunisasi BCG
68
68
    68
Orang
Orang
Orang
4.
Angka harapan Hidup


Tahun

5.
Pemenuhan Kebutuhan hidup
1.         Total rumah tangga dapat akses air bersih
2.         Pengguna air sumur pompa
3.         Pengguna sumur gali
4.         Pengguna mata air
5.         Pengguna hidran umum
6.         Pengguna penampung air hujan
7.         Pengguna embung
8.         pengguna PDAM
9.         Lainnya
10.     Total RMT tidak mendapat air bersih

2232

22

22
123
-
-

-
488
588


Rmt

Rmt
Rmt
Rmt
Rmt
Rmt
Rmt
Rmt
Rmt
Rmt
Rmt
6.
Kepemilikan jamban
Total RMT mempunyai jamban /WC
Total RMT yang tidak memilik Jamban/WC
2232

-

Rmt

Rmt



3. KONDISI EKONOMI

a.          Potensi Unggulan

Potensi ataupun produk unggulan yang di miliki oleh Desa Cikeruh  dibidang Pertanian berupa Sayuran  dan Produk olahan seperti Manisan, Makanan Ringan, Kripik,Pisang dan Kripik Singkong dll adapun bidang industri berupa Senapan Angin, Kerajinan dari Tulang, Bros dari Batok Kelapa dll dan di bidang pertanian yaitu Padi, Palawija, dan dibidang Peternakan yaitu Sapi potong, sapi perah,  Domba Tangkas Dan Domba Sayur, Ayam Pedaging.
b.          Pertumbuhan Ekonomi

Berdasarkan hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa kondisi pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Cikeruh dari tahun ke tahun ada peningkatan dengan diluncurkannya  berbagai program dari tingkat Kabupaten,Provinsi maupun Pusat  yang sampai saat ini cukup membantu dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat,namun demikian kami masih tetap harus berusaha karena dalam kenyataannya anggaran yang turun masih belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat itu sendiri.

Sebagai bahan acuan dapat dilihat pertumbuhan ekonomi dengan tabel berikut :

1.
Pengangguran
1.Penduduk usia kerja 15-56 Tahun
2.Penduduk usia 15-56 Tahun menjadi ibu rumah tangga
3.Penduduk usia ≥15 tahun cacat sehingga tidak dapat bekerja
377

915


11

Orang

Orang


Orang

2.
Sumber Pendapatan / matapencaharian
1.          Petani
2.          Buruh Tani
3.          Buruh/Swasta
4.          Pegawai Negeri
5.          Pengrajin
6.          Montir
7.          TNI
8.          POLRI
9.          Pengusaha Kecil Menengah
10.      Dokter
11.      Pensiunan
12.      Jasa Angkutan
13.      Jasa lainnya
14.      Buruh Bangunan
186
126
864
159
120
5
9
475
33
6
76
535
-
725

Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang

3.
Kelembagaan Ekonomi
1.    BUMDES
2.    Toko/Kios
3.    Warung Makan
4.    Pemilik Angkutan
5.    Pangkalan Ojek/becak/delman
1
563
15
12
8
Buah
Buah
Buah
Buah
Buah

4.
Tingkat Kesejahteraan
Jumlah Keluarga
Keluarga prasejahtera
Keluarga prasejahtera 1
Keluarga prasejahtera 2
Keluarga prasejahtera 3
Keluarga prasejahtera 3 plus
2230
204
83
691
898
69
KK
KK
KK
KK
KK
KK























BAB II

RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DESA

A.  Visi dan Misi

1.   Visi Desa Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor yaitu :
2.1 Misi Desa Cikeruh


“ CIKERUH MAJU MANDIRI dan TERDEPAN DI KABUPATEN SUMEDANG ”

Terwujudnya masyarakat yang Maju dan Mandiri dan menjadi Desa Terdepan di Kabupaten Sumedang, dengan meningkatkan akselerasi pembangunan dan peningkatan kinerja aparatur pemerintahan desa  




2.   Misi Desa
Dalam rangka pencapaian Visi Desa Cikeruh maka dirumuskan Misi sebagai berikut :

1.            Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Ekonomi Budaya, Berlandaskan Keimanan dan Ketaqwaan.
2.            Mewujudkan Kepemimpinan yang baik, Bijaksana, Tegas dan Berwibawa
3.            Memelihara Stabilitas Kehidupan Masyarakat yang Tertib, Aman, Tentram dan Dinamis.
4.            Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia, Pendidikan, Kesehatan juga Peran Aktif Generasi Muda Melalui Pemberdayaan Organisasi Kepemudaan serta Mengembangkan Kesetaraan Gender melalui Pemberdayaan Perempuan
5.            Memelihara Keseimbangan Lingkungan dan Pembangunan yang berkelanjutan dengan pemanfaatan Sumber Daya Alam untuk mewujudkan Lingkungan yang Indah bernilai Alam Wisata dan Agro Bisnis.


B.     Strategi dan Arah Kebijakan Desa

1.       Strategi Kekuatan dan Peluang
a.       Penggunaan lahan lahan yang dapat dimanfaatkan dengan baik;.
b.      Potensi untuk lebih memperhatikan dan mengawasi serta menghargai hasil daerah sendiri tanpa merusaknya;







  1. Strategi Kekuatan dan Ancaman
a.       Penggunaan yang tidak dilakukan secara baik serta tidak adanya pengawasan malah akan timbul damapak negatif bagi lingkungan;
b.      Keinginan masyarakat yang terlalu berani karena keadaan dan lingkungan yang menunjang bisa menghasilkan ancamaan untuk masa datang;

3.      Strategi Kelemahan dan Peluang
a.       Adanya keinginan dari masyarakat yang selalu kritis tentang kondisi sekarang;
b.      Adanya pemikiran untuk menerima keadaan sekarang, disebabkan kondisi yang dihadapi menuntut adanya perubahan


4.      Strategi Kelemahan dan Ancaman
a.       Pola pikir yang belum berubah sangat memperlambat proses perubahan;
b.      Keingintahuan masyarakat malah menjadi suatu tuntutan terhadap pemerintahan untuk dapat menjadi perantara demi terlaksananya keingnan dan kebutuhan.



C.    Prioritas Desa.

Yang menjadi prioritas Desa pada tahun 2011 dalam pencapaian visi dan misi desa diantaranya :
1. Meningkatkan kualitas  Pemerintahan Desa
2. Meningkatkan Kinerja Aparatur Desa
3. Meningkatkan Kemampuan Masyarakat
4. Meningkatkan Kuaalitas dan Kuantitas Pembangunan Desa



























BAB III
KEWENANGAN UMUM PENGELOLAAAN KEUANGAN DESA

A.         PENGELOLAAN PENDAPATAN DESA

1. Intensifikasi dan Ektensifikasi

Intensifikasi dan Ektensifikasi pendapatan yang dilaksanakan antara  lain :
     
1. Peningkatan Pemahaman dan Kemampuan Bendahara Desa dalam Pengelolaan  Keuangan Desa
2. Pembentukan Pengelola Kegiatan dan Pemegang kas ADD


2. Target dan Realisasi Pendapatan
Target dan Realisasi Pendapatan Tahun Anggaran 2011 yang tercapai sebagai berikut :
KODE
ANGGARAN
URAIAN/KEGIATAN
ANGGARAN
( Rp )
REALISASI
( Rp )
KET
1
2
3

4
1.1
Pos  sisa perhitungan anggaran tahun yang lalu



1.2
Pos Pendapatan Asli Desa



1.2.1
Usaha Hasil Desa



1.2.2
Surat-surat Keterangan
7.500.000
7.500.000

1.2.3
Nikah, tolak,cerai,rujuk (NTCR)
1,000,000
1,000.000

1.2.4
Izin Mendirikan Bangunan
500.000
500.000






1.3
Hasil Pengelolaan Kekayaan Desa



1.3.1
- Tanah Kas Desa
3.500.000
3.500.000

1.3.2
- Pasar Desa



1.3.3
Bangunan Milik Desa



1.3.4
Objek Rekreasi Desa



1.3.5
Pemandian Milik Desa



1.3.6
Badan Usaha Milik Desa
12.000.000
12.000.000

1.3.7
Lumbung Desa



1.3.8
Jalan Desa



1.3.9
Hutan Desa



1.3.10
Bank Desa



1.3.11
Kolam Pemancingan Milik Desa



1.3.12
UP2K



1.3.13
Iuran Pedagang Kaki Lima
12.000.000
12.000.000

1.3.14




1.3.15
Lain-lain Kekayaan Desa








1.4
Hasil Swadaya Dan Partisipasi Masyarakat



1.4.1
Urunan Masyarakat



1.4.2
-Pancen PBB
35.000.000
35.000.000

1.4.3
-Partisipasi Lainnya








1.5
Hasil Gotong Royong Masyarakat



1.5.1
Swadaya Masyarakat
75.000.000,-
75.000.000,-

1.5.2
-








1.6
Lain-lain Pendapatan Desa



1.6.1
- Ternak Sapi/Ayam



1.6.2
-Surat-Surat Keterangan



1.6.3
-Nikah Cerai


















1.7
Bantuan Hadiah Lomba



1.7.1
- Lomba tumpeng di.Kecamatan



1.7.2
-



1.7.3
-








2
Pos Dari Pemerintah Kabupaten



2.1
- Dana Perimbangan Desa/ADD
63,485,.600
63, 485,600

2.1.2
- TPAPD
41.640.000
41.640.000

2.1.3
- DBH Pajak Daerah
134,260,900
134,260,900

2.1.4
-DBH Retribusi Daerah
4,126,600
4,126,600

2.1.5




3
 Pos Dari Pemerintah Provinsi



3.1
- Peningkatan Kinerja
15.000.000
15.000.000

3.1.2
-



3.1.3
-



4
Pos Dari Pemerintah Pusat



4.1




4.1.2




4.1.3




4.1.4




5
Pos Sumbangan Pihak Ketiga



5.1
Hadiah



5.1.1
Donasi



5.1.2
Wakaf



5.1.3
Hibah



5.1.1
Baksos/Sumbangan lain



5.1.2
-



5.1.3
-



5.1.4




6
Bantuan lain-lain yang sah dan tidak mengikat



6.1
Bantuan untuk rumah tidak layak huni
5.000.000
5.000.000

6.1.1




6.1.2




6.1.3




6.1.4




7




JUMLAH

410.013.100
410.013.100


Yang terdiri dari :
Belanja Langsung                    :    191.563.100
Belanja tidak Langsung           :     218.450.000
Jumlah                                  :     410.013.100                                                        
3. Permasalahan dan Penyelesaian
- Permasalahan yang dihadapai dalam pengelolaan pendapatan antara lain :

                 a.  Masih terbatasnya kemampuan  perangkat  desa  dalam  pengelolaan  dan  administrasi     
                      keuangan
b.  Masih kurangnya pemahaman tentang  anggaran  pendapatan  desa  dan  masih  adanya      
     pengelolaan keuangan diluar sepengetahuan jajaran pemerintah desa.
          
- Penyelesaian dan upaya yang dilaksanakan :

a.  Pembinaan dan pendampingan perangkat Desa.
b.  Sosialisasi tentang APBDes dan pembinaan perangkat.

B.         PENGELOLAAN BELANJA DESA
1.       Kebijakan Umum Keuangan Desa
Sebagaimana ditegaskan dalam Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 bahwa Desa atau yang disebut dengan nama lain adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan  mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berangkat dari pemaknaan peraturan tersebut diatas, Pemerintah Desa Cikeruh memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengelola  Pendapatan serta belanja secara intensif  yang didasari oleh kebijakan yang berpihak pada kepentingan masyarakat.

Ø  Kebijakan Pendapatan Desa pada tahun 2011 bersumber dari :
Ø  Pendapatan Asli Desa
Ø  Bantuan Pemerintah
Ø  Pendapatan Lain yang tidak mengikat

Ø  Kebijakan Belanja terdiri dari :
Ø  Belanja Langsung
Ø  Belanja Tidak Langsung

2.      Target dan Belanja Desa
a. Belanja Langsung
Realisasi Anggaran Belanja langsung

KODE
ANGGARAN
URAIAN/KEGIATAN
TARGET
REALISASI
KET
1
2

3
4
2R.1
Belanja Pegawai



2R.1.1
Penghasilan Kepala Desa
37,500,000
37,500,000

2R.1.2
Honor Perangkat Desa
86,013,100
86,013,100

2R.1.3
Honor BPD
13,000,000
13,000,000

2R.1.4
Seragam Aparat Desa
1,000,000
1,000,000

2R.1.5
Seragam BPD
1,100,000
1,100,000

2R.1.6
BOP Linmas
2,950,000
2,950,000

2R.1.7
Operasional LPM
1,000,000
1,000,000

2R.1.8




2R.1.8




2R.2
Pos Belanja Barang



2R.2.1
Pembiayaan ATK
6,000,000
6,000,000

2R.2.2
Perlengkapan Kantor/Meubeler



2R.2.3
Pengadaan Buku pendataan dan pengolahan profil Desa
1,500,000
1,500,000

2R.2.4




2R.3
Biaya Pemeliharaan



2R.3.1
Penataan gedung Kantor
15,000,000
1,500,000

2R.3.2
Biaya Pemeliharaan Kendaraan Desa
3,000,000
3,000,000

2R.3.3
Biaya Rapat
4,000,000
4,000,000

2R.4
Pos Belanja Perjalanaan



2R.4.1
Biaya Perjalanaan Dinas Desa
2,000,000
2,000,000

2R.4.2
Musrenbang
2,000,000
2,000,000

2R.4.3
Pos Pembayaran Rekening



2R.4.4
Biaya Rekening Listrik
1,500,000
1,500,000

2R.4.5
Biaya Rekening Air
1,500,000
1,500,000

2R.4.6
Biaya Rekening Telepon
1,500,000
1,500,000

2R.5
Pos Belanja Lain-lain



2R.5.1
Sosialisasi Pilkades



2R.5.2
Pembelian Komputer/ Printer
4,000,000
4,000,000

2R.5.3
Pelaporan dan Materai
1,500,000
1,500,000

2R.5.4




2R.6
Pos Perlengkapan Tidak Terduga




Pengeluaran lain-lain
5,000,000
5,000,000






JUMLAH
191.563.100
191.563.100



b.Belanja Tidak Langsung

Realisasi Anggaran Belanja Tidak Langsung

KODE
ANGGARAN
URAIAN KEGIATAN
TARGET
REALISASI
KET
1
2

3
4
2P.1
Pos Prasarana Pemerintah Desa



2P.1.1
Gedung Kantor



2P.1.2
Pembuatan Tugu Batas Desa
5,000,000
5,000,000

2P.1.3
Renovasi Penataan Kantor Desa
8,500,000
8,500,000

2P.1.4
Pembangunan Gedung Serbaguna
100.000.000
100.000.000

2P.2
Pos Prasarana Produksi



2P.2.1
Pembelian Mesin Potong Rumput



2P.2.2




2P.2.3




2P.3
Pos  Pemasaran



2P.3.1
Pembangunan Pasar



2P.3.2
Pembangunan Kios



2P.3
Pos Prasarana Pembangunan



2P.3.1
Peningkatan Sarana BUMDES



2P.4.2




2P.4.3




2P.4
Pos Prasarana Sosial



2P.4.1
Pemagaran Tanah Makam Ciantay
60.000.000
60.000.000

2P.4.2
Bantuan Pembangunan Madrasah dan Pondok Pesantren
16.950.000
16.950.000

2P.4.3
Pembentukan dan Operasional MUI Desa
1.500.000
1.500.000

2P.4.4
Bantuan Kegiatan MTQ
4.000.000
4.000.000

2P.4.5




2P.4.6




2P.5
Pos Pengentasan Kemiskinan



2P.5.1
Desa Siaga
1.500.000
1.500.000

2P.5.2
Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni
5.000.000
5.000.000

2P.6
Pos Pembangunan Lain-lain



2P.6.1
Pembinaan Olah raga
2.500.000
2.500.000

2P.6.2
Pembinaan PKK
8.000.000
8.000.000

2P.6.3
Pembinaan Gapoktan



2P.6.4
Peningkatan Kapasitas PKK



2P.6.5
Bantuan Operasional Karang Taruna



2P.6.6
Pembelian Multimedia



2P.6.7
Biaya PHBI/ PHBN
10.000.000
10.000.000

JUMLAH
218.450.000
218.450.000


                                                                    
  1. Permasalahan dan Penyelesaian
Pemasalahan yang dihadapi :
  1. Masih kurangnya kepedulian sebagian masyarakat dalam perencanaan pembangunan
  2. Masih terbatasnya kemampuan aparat desa dalam mengelola keuangan desa
Penyelesaian :
  1. Penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat
  2. Konsultasi dinas terkait


























BAB IV
PENYELENGGARAAN URUSAN PEMERINTAHAN DESA

URUSAN HAK ASAL USUL DESA.
1.          PROGRAM  DAN KEGIATAN.
Ø   Bidang Pemerintahan
Ø   Bidang Pembangunan
Ø   Bidang Kemasyarakatan

2.          PELAKSANAAN KEGIATAN
1. BIDANG PEMERINTAHAN
1.1.1.  Pembahasan dan Penetapan Peraturan Desa antara lain :
1.Peraturan Desa Nomor 1 Tahun 2007 Tentang  Pertanggungjawaban Pelaksanaan    Anggaran dan Pendapatan Desa Tahun 2011
2. Peraturan Desa Nomor 2 Tahun 2007 Tentang  Anggaran dan Pendapatan Desa Tahun 2011
c.       Peraturan Desa Cikeruh Nomor 3 Tahun 2007 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa Cikeruh.
d.      Peraturan Desa Cikeruh Nomor 4 Tahun 2007 Tentang Tatacara Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa
e.       Peraturan Desa Cikeruh  Nomor 5 Tahun 2007 Tentang Lembaga Pemberdayaan Masyarakat
f.        Peraturan Desa Cikeruh  Nomor 02 Tahun 2010  Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Cikeruh (RPJMDes) 2009-2014
g.       Peraturan Desa Cikeruh Nomor 01 Tahun 2011 Tentang Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Cikeruh Tahun Anggaran 2011.

Dengan ditetapkannya Peraturan Desa tersebut diatas  pelaksanaan kegiatan pemerintahan tahun 2011  sebagai aplikasi dari peraturan tersebut yang dapat dilaksanakan antara lain :

A. PELAKSANAAN  ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA
Sebagai mana di tetapkan dalam Peraturan Desa Cikeruh  Nomor 1 Tahun 2011 Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sebesar Rp.  yang terdiri dari :
  • Belanja Langsung                                            Rp. 191.563.000,00
  • Belanja Tidak Langsung                                  Rp. 218.450.000,00
  • Jumlah                                                             Rp. 410.013.100,00

Realisasi yang tercapai  Rp. terdiri dari :
  • Belanja Langsung                                            Rp. 191.563.100,00
  • Belanja  Tidak Langsung                                 Rp. 218.450.000,00

B. ORGANISASI PEMERINTAHAN DESA
1. PEMERINTAHAN DESA
Berdasarkan Peraturan Desa Cikeruh  Nomor 1 Tahun 2007 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa dan Peraturan Desa Cikeruh Nomor 3 Tahun 2007 Tentang Tatacara Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa telah dilaksanakan pembenahan Struktur Organisasi Pemerintahan Desa  antara lain :
Ø  Sekretaris Desa            (PLH)                                     : Dadan Ramdan, A.Md
Ø  Perangkat Desa Lainnya terdiri dari                :
1.      Kaur Pemerintahan                              : M. Subardi
2.      Kaur Keuangan                                    : Dadan Ramdan, A.Md
3.      Kaur Ekonomi dan Pembangunan       : Asep Deni G, S.Sos
4.      Kaur Kesra                                           : Rudi Priadi
5.      Kaur Umum                                         : Teti Ruhyati
6.      Kepala Dusun                                     :                                  
1)      Kepala Dusun I                             : Aceng Sobari
2)      Kepala Dusun II                             : Ayi Jaelani
3)      Kepala Dusun III                           : Enang Sulaeman

2. BADAN PERMUSYAWATAN DESA (BPD) 
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005,bahwa Pemerintahan Desa adalah penyelenggara urusan pemerintahan oleh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat, juga ditegaskan  bahwa BPD adalah Lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan Desa, sesuai perturan tersebut  dapat disimpulkan bahawa dimana ada Desa disitu pasti ada BPD.

BPD Desa  Cikeruh   pada tahun 2011 terdiri :
·            Ketua                                          : Irda Ridwan
·            Wakil Ketua                    : Rahmat DAA
·            Sekretaris                         : Yudi Imanudin
·            Anggota                           :      1. Toto Hermanto
2. Deden Doni H, S.Sos
3. Nanang
4. Suryana
5. Asep Somantri
6. Dede Nana
7. Susilo Hartoko
8. Syahroni

3.          PELAKSANAAN KESEKRETARIATAN
Dalam meleksanakan kesekretariatan Sekretaris Desa sebagai penangungjawab pelaksanaan kegiatan bertanggungjawab kepada kepala Desa di bantu oleh beberapa Kepala Urusan,  kegiatan sekretariat dimaksud meliputi :
Administrasi Pemerintahan , Aministrasi Pembangunan, Administrasi Kemasyarakatan serta administrasi lainnya yang menyangkut pelayanan kepada masyarakat dan pemerintahan yang lebih luas, buku-buku penunjang administrasi tersebut antara lain :

1. Buku Administrasi Pemerintahan Desa
·                Buku Peraturan desa
·                Buku Keputusan Desa
·                Buku Inventaris Kekayaan Desa
·                Buku Agenda Surat Masuk
·                Buku Agenda Surat Keluar
·                Buku Data Aparat Desa
·                Buku-buku Pertanahan

2. Buku Administrasi Kependudukan
·                Buku Induk Penduduk
·                Buku Perubahan Penduduk
·                Buku Penduduk Sementara
·                Buku Perkembangan Penduduk

3.Buku Administrasi Keuangan
·                Buku Anggaran
·                Buku Kas Umum
·                Buku Kas Pembantu
·                Buku Bank
·                Buku Panjar

4. Buku Administrasi Lainnya :
·                Buku Register Keterangan-keterangan
·                Buku Register Kelakuan Baik
·                Buku Register NTCR
·                Buku Register Izin Rame-rame
·                Buku Register Kejadian / Kamtibmas
·                Buku Register KTP / KK
·                Buku Register Kredit Bank
·                Buku Data Tokoh Masyarakat
·                Buku Notulen Rapat dan buku-buku lain sesuai kebutuhan.
2.      PELAKSANAAN  KEGIATAN PEMBANGUNAN
Kegiatan pembangunan yang dilaksanakan pada tahun 2011 antara lain :
1.        Pembangunan Fisik  diantaranya          :
·              Pembangunan dan Penataan Makam Ciantay Dusun Cikeruh
·              Pembangunan Kantor Pelayanan TPU Gajah Ciawi  
·              Pembangunan Madrasah Hidayaturrahman Dusun Ciawi
·              Pembangunan Gedung Serba Guna
·              Pembangunan Tugu Batas Desa
·              Pembangunan Tanggul Penahan Banjir di Sepanjang Sungai Cikeruh
·              Pengerukan Sungai Cikeruh menggunakan Alat Berat.

2.            Pembangunan Non Fisik  :
·               Bidang Pertanian
Menerima Bantuan Traktor untuk efektivitas dan peningkatan produksi pangan desa Cikeruh.
·               Bidang Kesehatan
1. Pelaksanaan kegiatan di  POSYANDU  , yang meliputi kegiatan penimbangan dan pemeriksaan yang rutin dilaksanakan setiap 1 bulan 1 kali oleh kader Posyandu,Kader PKK ,Bidan Desa dan dinas terkait dan dikelola oleh Kader-kader terlatih.

Daftar Posyandu se-desa Cikeruh


No
Nama Posyandu
Nama Ketua Posyandu
Alamat RT / RW
1
2
3
4
1
Ketua TP-PKK
Tuti Rachmat
Ciawi RT 01 RW 04
2
Nuri I
Eti Sumiati
Warungkalde RT 02 RW 01
3
Nuri II
Hasanah
Warungkalde RT 03 RW 02
4
Nuri III
Euis Mulyati
Warungkalde RT 03 RW 03
5
Nuri IV
Otin
Ciawi RT 03 RW 04
6
Nuri V
Juju Jubaedah
Ciawi RT 01 RW 05
7
Nuri VI
Neni Maryanti
Ciawi RT 01 RW 06
8
Nuri VII
Effi Fitriani
Puri Indah RT 02 RW 07
9
Nuri VIII
Endah Rosmaidah
Cikeruh RT 03 RW 08
10
Nuri IX
Tri Indrawati
Cikeruh RT 03 RW 09
11
Nuri X
Elis Mulyati
Cikeruh RT 01 RW 10
12
Nuri XI
Ajijah/ Ibu Toha
Asrama Brimob RT 02 RW 11
13
Nuri XII
Tita Ruspita
Asrama Brimob RT 04 RW 11

2.  Melaksanakan sosialisai  Flu  Burung  di  masing - masing  dusun  serta           memberikan  Vaksinasi bagi unggas  yang  ada  di wilayah Desa Cikeruh yang dilaksanakan oleh   kader terlatih dibantu oleh dinas terkait.
3.  Pengembangan Desa Siaga dengan melaksanakan Dasomas dan Dasolin.
4.  Pemberian Bantuan Makanan Tambahan bagi Bayi dan Balita yang difasilitasi 
     oleh PNPM Mandiri Perkotaan

Bidang Ekonomi dan Sosial
1.       Pemberian bantuan keuangan ekonomi bergulir bagi usaha mikro yang difasilitasi oleh PNPM Mandiri Perkotaan.
2.       Pemberian bantuan Anak Sekolah
3.       Pelayanan pemeliharaan dan pendaftaran pemakaman Desa.
4.       Pembagian Kartu Kendali distribusi tertutup LPG 3 KG bagi 2183 KK
5.       Bantuan bagi Lumbung Pangan Desa Cikeruh untuk Ketahanan Pangan.


3. PELAKSANAAN KEGIATAN KEMASYARAKATAN
A. ORGANISASI KEMASYARAKATAN
Organisasi Kemasyarakatan yang ada di Desa Cikeruh  pada tahun 2011 antara lain :
1.          Lembaga  Pemberdayaan Masyarakat   (LPM)
2.          Tim Penggerak Pemberdayaan  Kesejahteraan Keluarga  (TP.PKK)
3.          Karang Taruna
4.          Majelis Ulama Indonesia Desa
5.          Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD)
6.          Lembaga Pengelola Pemakaman (LPP) Desa Cikeruh
7.          BKM PNPM Mandiri Perkotaan
8.          Desa Siaga
9.          Tim Siaga Bencana Desa Cikeruh
10.      Komite Sekolah

B. KEGIATAN KEMASYARAKATAN
v  Pengajian Mukhtarul Ulum tingkat desa dan kegiatan keagamaan lainnya, telah rutin dilaksanakan baik tingkat Desa maupun tingkat Dusun sampai ke tingkat RT dan RW.
v  Melaksanakan MUSRENBANG baik tingkat Dusun, Desa dan  juga  tingkat kecamatan.
v  Melaksanakan Kegiatan Fisik yang difasilitasi oleh PNPM Mandiri Perkotaan.
v  Menerima Praja Magang PL (Praktek Lapangan) II Praja IPDN Angkatan 2010.
v  Program Padat Karya pembuatan tanggul penahan banjir sepanjang sungai Cikeruh.

3.  PERMASALAHAN DAN PENYELESAIAN.
     Dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan diatas banyak masalah-masalah yang dapat menghambat pelaksanaan kegiatan antara lain :

1.      Tidak terpenuhinya anggaran sesuai rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa yang ditetapkan dikarena pendapatan yang kurang memenuhi target anggaran.

2.      Masih belum terlaksananya Tupoksi Tugas dan kewajiban baik perangkat Desa, BPD Juga Organisasi Kemasyarakatan karena keterbatasan kemampuan (SDM)  dan sarana prasana  penunjang yang ada.

3.      Masih perlunya ditingkatkan kesadaran sebagian masyarakat untuk berperan aktip dalam menunjang perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

Adapun upaya-upaya penyelasaian yang telah dilaksanakan :

1.      Mengadakan koordinasi dan konsultasi dengan pihak terkait
2.      Pembenahan struktur aparat pemerintah desa dan Organisai Kemasyarakatan
3.      Pemberdayaan masyarakat dalam kegiatan-kegiatan pembangunan
4.      Mengikutsertakan aparat desa dalam setiap kegiatan pelatihan
5.      Melaksanakan penyuluhan pada masyarakat dalam berbagai kesempatan yang ada.

















BAB V
PENYELENGGRAAN TUGAS PEMBANTUAN

TUGAS PEMBANTUAN YANG DITERIMA
1.       Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan.
Salah satu tugas pembantuan yang setiap tahun dilaksanakan adalah Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Dasar Hukum :
  1. Undang-undang Nomor 12 Tahun 1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1994
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2000 tentang Pembagian Hasil Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan antara Pusat dan Daerah
  3. Keputusan Menteri Keuangan Nomor 249/KMK.04/1993 tentang Penunjukan Tempat dan Tata Cara Pembayaran Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan.


Jumlah Target dan perhitungan PBB Desa Cikeruh  pada tahun 2011 sebagai berikut :

I. TARGET :
TARGET DESA                                                   Rp.  257,585,100,
SPPT yang di kembalikan/pembatalan                 Rp.     18.567,692 -
                                                                                         
Sisa Target Rp.                                                      Rp.  239.017.408,-

  1. KETERANGAN--------------------------------------
Telah Masuk Ke Bank Jabar                        63.01 %



Kolektor Pemungut :
Kolektor Pemungut PBB Desa Cikeruh  antara lain :
  1. Kolektor Desa ( Koordinator)                                    : Sutarya
  2. Kolektor  Pemungut di Dusun I                      : Aceng Sobari
  3. Kolektor Pemungut di Dusun II                     : Ayi Jaelani dan H.M. Subardi
  4. Kolektor Pemungut di Dusun III                    : Enang Sulaeman

Hambatan dan penyelesaian :
Hambatan :
  1. Banyak Wajib Pajak yang tidak mengakui atas SPPT karena   yang tertulis di SPPT bukan atas nama dirinya.
  2. Kurang rutinnya penagihan dari kolektor.
  3. Masih ada sebagian masyarakat  yang kurang sadar akan kewajiban membayar pajak .


Penyelesaian :
1.        Mengembalikan Surat Pemberitahuan Pajak terhutang yang pemiliknya tidak diketahui/SPPT bermasalah ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumedang.
2.        Memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang pajak bumi dan bangunan
3.        Mengintensipkan penagihan dan pemahaman administrasi kepada kolektor penagih.


3.      PENYALURAN BERAS MISKIN ( RASKIN)
Pada tahun 2011 jatah RASKIN Desa Cikeruh  4965  kg/ bulan  untuk disalurkan ke 340 KK miskin dengan harga Rp 1.600 per kg dengan pembagian 15 kg setiap KK Penerima Manfaat setiap bulannya ,
Pengelola         :
  1. Rudi Priadi (Kaur Kemasyarakatan Kesejahteraan)
Dalam pelaksanaannya selama tahun 2011  lancar baik penyetoran keuangan dari Desa maupun pendistribusian beras dari BULOG.
























BAB VI. 

PENYELENGGARAAN URUSAN PEMERINTAH LAINNYA

1. PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN BENCANA

a.  Dalam rangka pencegahan terjadinya bencana yang sering  terjadi pada musim hujan di wilayah sekitar desa kami berupaya memberikan arahan serta melaksanakan pembinaan kepada warga masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan selalu siaga.

b.  Penanggulangan bencana yang selama ini kami lakukan adalah bersama-sama dengan masyarakat  mengantisipasi meluasnya bencana tersebut dan dengan segera melaporkannya kepada dinas terkait.

2. PENYELENGGARAAN KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUM.
Dalam penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban umum di Desa Cikeruh kegiatan yang dilaksanakan antara lain :
1.      Dilaksanakanya Ronda malam
2.      Patroli LINMAS .

Hambatan
  1. Masih Kurangnya kesadaran akan Tugas pokok dan fungsi  Linmas
  2. Masih kurangnya perhatian pemerintah kepada Linmas  sehingga mengurangi kinerja dari anggota Linmas
  3. Usia anggota Linmas  banyak yang sudah tua
Penyelesaian :
  1. Penganggaran tambahan biaya penunjang untuk kegiatan Linmas dari ADD selain dari hasil sewa tanah kas Desa walaupun belum maksimal.
  2. Pembagian tugas patroli dalam menjaga keamanan wilayah.
  3. Melaksakan Pelatihan/Pembinaan Linmas.




BAB VII
PENUTUP

Demikian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Pemerintahan Desa Cikeruh pada tahun 2011 kami sampaikan, walaupun masih jauh dari kesempurnaan dalam penyajiannya mudah-mudahan dapat memberikan gambaran kepada semua  pihak terkait.
Akhirnya tidak lupa kami sampaikan banyak terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah membantu pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa selalu memberi petunjuk untuk terus dan terus berusaha menuju pemerintahan yang lebih baik  Amiin....
Cikeruh,       Desember   2011
KEPALA DESA CIKERUH




R A C H M A T
 

























LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNG JAWABAN
(LKPJ)
KEPALA DESA CIKERUH
AKHIR TAHUN ANGGARAN 2011
























INFORMASI PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DESA
(IPPD)
AKHIR TAHUN ANGGARAN


























0 komentar:

Poskan Komentar