Senin, 19 Desember 2011

Kesenian Karinding Pecahkan Rekor Muri

JATINANGOR,Tahun 2012 Pemkab Sumedang akan membangun saung kesenian karinding. Selain karena kesenian ini seni khas Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang, juga sebagai usaha melestarikan dan mengembangkannya. Apalagi seni karinding juga sudah memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri).

Demikian disampaikan Wakil Bupati Sumedang, Taufik Gamawansyah kepada wartawan di selasela acara Ikatan Alumni Unpad '94 di Kampus Unpad Jatinangor, Sabtu (17/12). Menurut Taufik, kesenian karinding memiliki potensi luar biasa. Bahkan kesenian tradisional tersebut dapat menjadi sesuatu yang populer di kalangan generasi muda.

"Karinding begitu orisinal dan mudah dimainkan oleh siapa saja. Keunikannya, ini kesenian buhun. Jadi banyak generasi muda yang mulai meliriknya juga. Makanya Pemkab Sumedang akan mengembangkannya dengan lebih serius.

Salah satunya dengan membuat saung karinding," kata Taufik. Di Kota Bandung, kata Taufik, ada Saung Angklung Udjo, di Sumedang nanti ada Saung Karinding.

"Tahun 2012 akan dimulai. Peminat karinding sendiri kebanyakan anak muda. buktinya muncul grup karinding dari kalangan komunitas undergrounddan saya sangat mengapresiasi hal itu," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Taufik mengatakan, secara tertulis memang tidak ada yang menunjukkan bahwa karinding berasal dari Sumedang.

Namun melihat data yang ada, karinding merupakan kesenian khas Cimanggung. "Bahkan, Pemkab Sumedang berencana memasukkan kesenian karinding dalam kurikulum pendidikan sekolah," katanya.

Sementara suasana terasa meriah saat 515 orang siap memainkan karinding secara bersamaan di hadapan perwakilan Muri, Hendry.

Alat musik lain yang turut dimainkan adalah suling dan celempung, Abah Olot memimpin para peserta, Wabup Sumedang, dan Ketua IKA Unpad, Ferry Mursidan Baldan memainkan karinding. Sedangkan para alumni Unpad yang hadir terlihat menikmati iramyang dihasilkan. Terlebih saat Abah Olot memainkan lagu dangdut.

Perwakilan dari Muri, Henry mengatakan, pada 20 April lalu, rekor telah dipecahkan saat 317 orang memainkan alat musik karinding di Kab. Bandung. "Hari ini, rekor kembali terukir, 515 orang memainkan karinding. Rekor itu juga memecahkan rekor dunia," katanya.

Piagam dari Muri tersebut diserahkan pada Wakil Bupati Sumedang. Ratusan peserta juga mengelu- elukan Abah Olot alias Endang Sugriwa (47) sebagai tokoh karinding di Cimanggung dan sekitarnya.

0 komentar:

Poskan Komentar