Rabu, 04 Januari 2012

Laporan Hari Kesatuan Gerak PKK Desa Cikeruh


KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas impahan dan kuasa kepada kita sekalian, sehingga pada kesempatan ini kami dapat membuat laporan “Hari Kesatuan Gerak PKK, KB-Kesehatan Tahun 2012”.
Kami harap mudah-mudahan dalam penyampaian laporan ini dapat member masukan yang berarti bagi PKK Desa Cikeruh dan bagi PKK Kecamatan Jatinangor pada umumnya.
Hari Kesatuan Gerak PKK, KB-Kesehatan yang dilaksanakan selama tiga (3) bulan dimulai bulan Oktober s/d Desember 2009.
Pada kesempatan ini kami haturkan terimakasih pada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan laporan Hari Kesatuan Gerak PKK  KB-Kes dengan harapan semoga aktivitas senantiasa mendapat lindungan dan ridha Allah SWT.
Akhirnya kami tetap mengharapkan arahan, bimbingan, dan pembinaan juga saran dan pendapat dari Ketua TP PKK Kecamatan Jatinangor demi peningkatan ke arah yang lebih baik.

                                                                                                Cikeruh,          Januari 2012
                                                                                                Ketua TP PKK Desa Cikeruh

                                                                                                Ny. TUTI RACHMAT

 
BAB I
PENDAHULUAN

1.    Dasar Pembuatan Laporan Hari Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan
·         Berdasarkan hasil rapat rutin TP PKK Kecamatan Jatinangor pada tanggal 11 Oktober 2011  dicanangkannya Hari Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan dan untuk dibuatkan tentang laporan kegiatan HKG PKK KB-Kes.
·         Hasil pengarahan dari Ketua TP PKK Kecamatan Jatinangor.
·         Undang-undang No.10 tentang perkembangan kependudukan.
·         Keputusan Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah No.51 Tahun 2000 tentang gerakan pemberdayaan dan Keluarga Sejahtera (PKK).
2.    Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan penulisan bahan laporan Hari Kesehatan Gerak PKK KB kesehatan guna memberikan gambaran tentang pelaksanaan hari Kesatuan gerak PKK , KB – Kesehatan Desa Cikeruh selama 3 bulan.
3.    Jangka Waktu
Laporan ini merupakan hasil kegiatan PKK Desa Cikeruh dalam pelaksanaan hari kesatuan gerak PKK – KB – Kesehatan selama tiga (3) bulan yang di mulai dari bulan oktober , s/d Desember 2011.

BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
HARI KESATUAN GERAK PKK, KB-KESEHATAN DESA CIKERUH

1.    KEGIATAN UMUM
- Desa Cikeruh mempunyai luas wilayah 164 ha
- Jumlah penduduk Desa Cikeruh dari hasil pendataan R/1/KS pada bulan Oktober  7668 jiwa , dengan perincian Sbb :
            Laki-laki 3752  jiwa
            Perempuan 3916  jiwa
            Jumlah KK Desa Cikeruh 2232 dengan rincian :
            KK Laki-laki 1958 jiwa
            KK Perempuan 274 jiwa pada akhir tahun 2011.
-       Desa Cikeruh terdiri dari 3 dusun :
No
Dusun
RW
1
Dusun 1 Warungkalde
RW 01
2
Dusun 1 Warungkalde
RW 02
3
Dusun ! Ciseke
RW 03
4
Dusun 2 Ciawi
RW 04
5
Dusun 2 Ciawi
RW 05
6
Dusun 2 Ciawi
RW 06
7
Dusun 2 Puri Indah
RW 07
8
Dusun 3 Cikeruh
RW 08
9
Dusun 3 Cikeruh
RW 09
10
Dusun 3 Cikeruh
RW 10
11
Dusun 3 Asrama Brimob Polda Jabar
RW 11

Jumlah  RUkun Tetangga (RT) 47 SLS , Jumlah Posyandu 12 Unit, Jumlah Kelompok   Dasa wisma 148 unit  yang telah terbentuk sebanyak 47 kelompok sesuai dengan jumlah RT yang ada, adapun yang lainnya belum terbentuk dikarenakan dengan kurangnya sumber daya manusia yang dengan rasa kerelawanan untuk aktif sebagai kader PKK.
2.    KELEMBAGAAN
Tim penggerak PKK Desa Cikeruh dalam melaksanakan hari kesatuan gerak PKK , KB – Kesehatan tak terlepas dari kepengurusan yang di bentuk Pada tanggal 13 Oktober  2011.
            Pembina              : Ny.Tuti . Rahmat ,
            Ketua                   : Ny. Annisa, A.M.keb
            Sekertaris            : Ny.Neni
            Bendahara          : Ny.Effy
Dan di bantu oleh ketua pokja – pokja, PL-KB, dan bidan desa beserta pengurus yang lain dan kader-kader yang ada di tingkat RW.  

3.     KESEKRETARIATAN
PKK Desa Cikeruh dalam melaksanakan kegiatan hari kesatuan gerak PKK KB – Kesehatan ada kesekretariatan yaitu di ruang PKK Desa.
Selama hari kesehatan gerak PKK , KB , Kesehatan tahun 2011 surat masuk sebanyak 3 buah , dan surat keluar 3 buah.
Dalam rangka hari kesatuan gerak PKK , KB – Kesehatan kegiatannya di satukan dengan pertemuan rutin PKK Desa Cikeruh yang biasa dilaksanakan pada tanggal 23 setiap bulan jika tidak ada perubahan waktu.
Kegiatan ini selama tiga bulan diikuti kurang lebih 45 orang yang terdiri dari Bapak Penyantun , Ketua TP – PKK Desa Cikeruh , Pengurus PKK , anggota PKK dan diikuti pula oleh PKK RW , RT. Dasa Wisma dan kader posyandu. Di hadiri pula oleh Pembina PLKB dan Bidan Desa dan Tenaga Kesehatan dari Puskesmas .Pada pertemuan hari kesatuan gerak PKK , KB – Kesehatan ini membahas di antaranya :
-       Hasil kegiatan dan pertemuan  yang di laksanakan di kecamatan.
-       Penyuluhan tentang 10 program pokok PKK.
-       Mengevaluasi hasil program KB dan kesehatan yang ada di RW – RW.

4.    KEUANGAN
Dalam Rangka Hari Kesatuan Gerak PKK , KB kesehatan Desa Cikeruh di fasilitasi dari ADD (Alokasi Dana Desa) tahun 2011, berdasarkan pada PERDES Desa Cikeruh Nomor 01 Tahun 2011 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Cikeruh.  

BAB III
KEGIATAN DALAM RANGKA HARI KESATUAN GERAK PKK
KB-KESEHATAN
Kegiatan Pada Bulan Oktober
POKJA I
Penghayatan dan pengamalan pancasila
·         Dalam rangka menyambut hari Kesaktian Pancasila dan memperingati HUT TNI mengikuti pengajian dan pembacaan sholawat dan berjanji yang di adakan oleh TP-PKK Kecamatan Jatinangor..
·         Melaksanakan pengajian rutin di Kabupaten Sumedang pada hari kamis ke II dalam rangka HUT HKG PKK, KB-Kesehatan di Gedung Negara.

POKJA II
Pendidikan dan Keterampilan, Pengembangan Hidup Berkoperasi
1.    Mengikuti Sosialisasi Rakerda TP-PKK Desa, Se Kecamatan Jatinangor dalam Hal Perbaikan Administrasi Pokja II, UP2K, Dasa Wisma Desa.
2.    Pembinaan Kelompok BKB di RW 05 atau mengaktifkan kembali BKB yang sempat terhenti.

POKJA III
Pangan
·         Mengikuti pelatihan/ sosialisasi tentang makanan sehat, halal, dan bergizi yang diadakan oleh Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Depag, Pokja III dari Kab. Sumedang.
·         Pendataan Rumah Sehat dan tidak sehat dilaksanakan tetap pada hari pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK, KB Kesehatan di Desa Cikeruh dari jumlah KK Desa Cikeruh 2232 yang sudah mempunyai Rumah 1805 rumah sehat di Desa Cikeruh 515 rumah dan 1290 rumah dengan kategori kurang sehat.

POKJA IV
Kesehatan, Pelestarian, dan Perencanaan Sehat
·         Pelaksanaan penimbangan secara gebyar di 6 Posyandu yang bekerja sama dengan Perusahaan Perumahan PT. Pinewood Apartement dalam rangka promosi Launching apartement, pada kesempatan tersebut sekitar 600 orang balita dapat terlayani.
·         Mengikuti LokMin (Lokakarya Mini) dalam rangka kesehatan, pencanangan “ Pekan Imunisasi Nasional” Imunisasi yang diberikan yaitu imunasasi campak dan polio yang dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2011 dengan jumlah balita yang dilayani sebanyak 840 orang balita, dan adapun yang tidak terlayani yaitu sebanyak 12 orang balita karena sakit, 12 balita yang karena orang tuanya menolak untuk di imunisasi dengan alasan yang  kurang bisa dimengerti oleh akal sehat dan wajar.

Kegiatan pada bulan Nopember 2011
POKJA I
-       Melaksanakan pendataan lansia; dengan jumlah lansia usia 60 tahun s/d 70 tahun ada sekitar 200 orang di Desa Cikeruh, dan ada 1 RW yang tidak mempunyai warga lansia yaitu di RW 11 Asrama Brimob.
-       Mengikuti pengajian muslimah kecamatan Jatinangor yang dipimpin oleh Ust. Kohar dari Pesantren Al-Ittihad Desa Jatiroke, dan dari Desa Cikeruh yang mengikuti kegiatan ini ada sekitar 60 Orang Jemaah yang di adakan di halaman Kecamatan Jatinangor. 

POKJA II
Mengikuti Pelatihan Kader Dasawisma di Kecamatan Jatinangor yang diwakili oleh kader dari RW 07 Puri Indah 5 Orang, yang menjadi alasan mengapa dikirimkan kader yang berasal dari RW 07 karena dalam materi administrasi dasa wisma saat ini mengalami perubahan yang signifikan yaitu lebih komplek dan komprehensif. Dan Kader yang berasal dari RW 07 merupakan sumber daya potensial dan masih muda dalam usia sehingga bisa menyerap materi yang disampaikan serta dapat mensosialisasikan kembali ke kader yang lainnya yang ada di Desa Cikeruh.

POKJA III
-       Mengikuti pelatihan tentang pemanfaatan lahan pekarangan yang bertempat di Kecamatan Tanjungsari, kemudian membahas tentang peternakan yang harus memperhatikan kesehatan lingkungan, kesehatan ternak untuk menjaga atau mencegah penularan penyakit yang bersumber dari ternak seperti virus flu burung (H2N1), dan virus flu babi, antrak, serta menjaga supaya sumber air tidak terkontaminasi oleh bakteri e-coli.
-       Mengikuti pelatihan bagaimana cara mengelola dan memanfaatkan limbah rumah tangga seperti menjadi kompos, gas untuk memasak dan penerangan dan kegiatan ini bekerjasama dengan Dharma Wanita UNPAD. 

POKJA IV
-       Melaksanakan pendataan PHBS tentang penggunaan Air sumur menjadi air mineral tanpa dimasak (STBM: Sanitasi Total Berbasis Masyarakat), yang ajab dilaksanakan serempak pada tahun 2012.
-       Pendataan BGM (Bawah Garis Merah) dan ibu hamil KEK. Desa Cikeruh ada 2 orang bayi BGM yaitu di RW 01 dengan mendapat bantuan PMT khusus dari Dinas Kesehatan melalui Puskesmas DTP Jatinangor sebesar Rp. 270.000,- perbulan.

Kegiatan Bulan Desember 2011
POKJA I
-       Dalam rangka hari Kesatuan Gerak PKK, KB Kesehatan, TP-PKK Kecamatan menyelenggarakan Bakti Sosial yang disatukan dengan pengajian Al-Hidayah, Desa Cikeruh memberikan bantuan dana yang berasal dari masyarakat untuk disumbangkan kepada kaum Jompo, Fakir Miskin, Yatim Piatu sebesar Rp. 510.000,-
-       TP-PKK Desa Cikeruh mengikuti takbir akbar di Masjid Darul Ma’arif IPDN Desa Cibeusi Kec. Jatinangor dalam rangka menyambut Tahun baru Hijriyah , selaku penceramah yaitu Ustadzah H. Farida dengan Tema “ Tahun baru yang membawa barokah untuk kaum muslim dan muslimah di Indonesia”.

POKJA II
-       Mengikuti pelatihan Kader Berprestasi, namun saying dari Desa Cikeruh belum berhasil meraih kejuaraan dari pelatihan tersebut.
-       Desa Cikeruh membentuk kelompok BKB yang baru di RW 07 Perum Puri Indah Cikeruh Jatinangor.

POKJA III
-       Mengikuti lomba busana batik dalam membudayakan berpakaian batik untuk anak remaja, dan pengurus PKK di setiap Desa. Desa Cikeruh mewakilkan dua orang kader dari Pokja III.
-       Mengikuti lomba masak dalam rangka hari ibu ke 63 di Kab. Sumedang. Dengan tema “Hari Ibu Yang ceria dan Gembira”.

POKJA IV
-       Mendapatkan bantuan PMT dari PNPM Mandiri Perkotaan untuk bayi dan balita bagi 9 RW Desa Cikeruh, sebanyak 620 Bayi dan Balita dapat terfasilitasi dari kegiatan tersebut.
-       Dalam rangka Hari Ibu TP PKK Desa Cikeruh mengikuti lomba balita usia 1-2 Tahun, dan 3-4 Tahun yang bekerjasama dengan Poliklinik Padjadjaran  Unpad Jatinangor dengan tema “ Balita Padjadjaran Ceria, Gembira, dan sehat. Desa Cikeruh dalam lomba ini belum mendapat juara, dan baru bisa meraih juara harapan 4 yaitu dari RW 03 dan RW 04, dan untuk usia 1-2 Tahun dari RW 06 Ciawi.
  BAB IV
HAMBATAN

Setiap akan meraih prestasi atau keberhasilan tidak luput dari pada kendala atau hambatan kegiatan pelaksanaan program, karena keterbatasan pengetahuan kader .maka membuat laporan hari kesatuan gerak. PKK , KB – Kesehatan , sedikitnya mengalami keterhambatan cara dalam makalah ini hambatan ini   tidak menjadi penghalang bagi kegiatan ini sudah di laksanakan                       atau yang sedang di kerjakan dari pihak lain di musyawarahkan                       bersama – sama.
BAB V
KESIMPULAN

Demikian penyusunan laporan hari kesatuan gerak PKK , KB –                      Kesehatan tahun 2011 yang dilaksanakan selama tiga bulan dari                       bulan oktober , nopember , desember 2011 yang sebagai besar                      menjadi pekerjaan sehari – hari pada dasarnya kegiatan kesatuan                      gerak PKK , KB – Kesehatan (HKG) PKK , KB – Kesehatan sudah                       dilaksanakan , walau belum memuaskan sesuai dengan harapan                        yang diinginkan hal ini karena masih banyak hambatan dan                       keterbatasan dari pada kadar , sarana , prasarana.  Dalam hal ini sudah barang tentu sebagian pengurus haruslah ulet dan mampu menyadari langkah apa yang mestinya  dilakukan untuk menanggulangi semua ini.
Akhirnya kami akan tetap berusaha dan mohon dari pada                        Allah.swt yang mana pemurah semoga kita tetap ada dalam                        bimbingannya demi terwujudnya keluarga sejahtera , aman                         damai lahir batin.

BAB VI
PENUTUP

Dengan laporan pelaksanaan hari kesatuan gerak PKK Desa  Cikeruh Kecamatan Jatinangor 2009 dengan harapan dapat dijadikan bahan pertimbangan meski dalam penyusunan laporan ini jauh dari kesempurnaan hal ini dikarenakan keterbatasan kemampuan kami selaku ketua dan pengurus TP – PKK Desa Cikeruh meskipun demikian mudah – mudahan ada manfaatnya sebagai gambaran kegiatan hari kesatuan gerak pkk , kb – kesehatan , desa cikeruh
Selanjutnya kami sangat mengharapkan arahan dan petunjuk guna perbaikan serta peningkatan di masa yang akan datang.

                                                                        Cikeruh ,       Januari  2012
                                                                        Tim Penggerak PKK
                                                                     Ketua


                                                                         (Ny. Tuti . Rahmat)  

0 komentar:

Poskan Komentar